Minggu, 18 Maret 2012

SOFT SKILL & HARD SKILL (Keterkaitannya terhadap kuliah dan dunia kerja, serta soft skill yang dibutuhkan oleh perusahaan)


NAMA       : FADEL MUHAMMAD
NPM           : 12511557
KELAS       : 1PA07

 SOFT SKILL & HARD SKILL  (Keterkaitannya terhadap kuliah dan dunia kerja, serta soft skill yang dibutuhkan oleh perusahaan)
Soft skill itu adalah suatu kelebihan yang terpendam dan untuk memperolehnya harus melalui pembelajaran yang berkaitan dengan pengembangan diri seseorang, dan maka dari itu setiap manusia memiliki apa yang namanya soft skill, namun tidak banyak manusia yang mengetahui cara memperoleh softskill itu sendiri.
            Selain softskill dalam diri manusia juga ada yang namanya Hardskill, Hardskill dapat dinilai dari technical test atau kemampuan test. Namun bagaimana cara untuk menilai soft skill yang dimiliki oleh seseorang? Yaitu dengan menggunakan teknik wawancara yang mendalam dan menyeluruh dengan pendekatan diharapkan kandidat-kandidat tidak hanya memiliki hard skill namun juga didukung oleh soft skill yang baik. Perpaduan antara hardskill dan softskill sangat diperlukan untuk meraih jenjang karir yang tinggi atau memperluas bisnis di masa depan.
Banyak lulusan dari perguruan tinggi baik itu negerti dan swasata yang tidak siap menghadapi dunia nyata atau dunia kerja. Persaingan yang ketat kita di tuntut untuk memiliki kempuan yang lebih bukan hanya kemampuan Hardskill (nilai IPK yang tinggi) tetapi kita di tuntut untuk memeliki sebuah kompetensi seorang lulusan. kompetentsi lulusan yang di harus dimiliki didalam menghadapi persaingan di dunia nyata meliputi, Komunikasi tertulis, Bekerja dalam tim, Teknologi, Berpikir logis, Berkomunikasi lisan, Bekerja mandiri, Ilmu pengetahuan, dan Berpikir analitis. Kemampuan-kemampuan tersebut sebenarnya kita bisa dapatkan semasa sekolah, kuliah. Organisasilah yang bisa membentuk seseorang bisa memiliki kemampuan-kemampuan tersebut, apakah anda memiliki kemampuan-kemampuan tersebut ? Belajar dan belajar itulah jawabannya dan yang paling penting percaya pada kata “PROSES”.
            Dalam rekrutmen karyawan perusahaan tidak hanaya memperhatikan CV atau sertifikat ketrampilan namun juga memberikan test atau simulasi untuk mengukur soft skill calon professional nya. Dan softskill yang diperlukan oleh perusahaan meliputi antaa lain, .Keberanian Bertanggung Jawab, jujur, rasa percaya diri, memiliki motivasi dan etos kerja, interpersonal skill, kemampuan bekerjasama, visioner, loyalitas, kemampuan memformulasikan kalimat dengan baik, dan kemauan belajar yang tinggi.


Sumber:
http://edukasi.kompasiana.com/2010/02/23/sinergi-soft-skill-dan-hard-skill/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar