Sabtu, 17 Maret 2012

LEGENDA TANGKUBAN PERAHU

NAMA       : FADEL MUHAMMAD
NPM           : 12511557
KELAS       : 1PA07
 
LEGENDA TANGKUBAN PERAHU
 
                        Legenda tentang terjadinya Gunung Tangkuban perahu sangat dikenal di Jawa Barat, disebut pula sebagai asal muasal terjadinya Talaga Bandung atau dongeng Sangkuriang. Legenda ini disusun dalam bentuk sastra lisan yang didalamnya.
Setiap hari Dayang Sumbi berpikir bagaimana cara agar pernikahan mereka tidak pernah terjadi. Setelah berpikir keras, akhirnya Dayang Sumbi menemukan cara terbaik. Dia mengajukan dua buah syarat kepada Sangkuriang. Apabila Sangkuriang dapat memenuhi kedua syarat tersebut. Sangkuriang juga menendang sampan besar yang telah dibuatnya. Sampan itu melayang dan jatuh tertelungkup, lalu menjadi sebuah gunung yang bernama Tangkuban Perahu. Sangkuriang sangat marah dan kecewa. ia menendang perahu yang hampir selesai dibuatnya. perahu itu pun terbalik, kemudian perahu itu berubah menjadi gunung, gunung itu lalu diberi nama tangkuban perahu.
                        Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung. Gunung ini menjadi salah satu daerah tujuan tempat wisata Indonesia yang menarik di Jawa Barat. Lingkungan alam Tangkuban Perahu Bandung yang sejuk, dan sumber mata air panas. Deretan kawah yang memanjang, menjadi daya tarik objek wisata tersendiri. Legenda Tangkuban Perahu sangat dikenal di Jawa Barat, disebut pula sebagai asal muasal terjadinya tempat wisata Talaga Bandung atau dongeng Sangkuriang. Pada mulanya Sangkuriang merasa takut, tapa akhirnya dia mengatakan apa yang telah terjadi pada ibunya. Dayang Sumbi menjadi sangat murka, dalam kemarahannya dia memukul Sangkuriang hingga pingsan tepat di keningnya. Perahu itu berada disana dalam keadaan terbalik, dan membentuk Gunung Tangkuban Perahu(perahu yang menelungkub). Tidak jauh dari tempat itu terdapat tunggul pohon sisa dari tebangan Sangkuriang, sekarang kita mengenalnya sebagai Bukit Tunggul.


Sumber: google.com

1 komentar: