Kamis, 15 Januari 2015

Tugas softskill 2 4PA10

NAMA  : Fadel Muhammad
NPM     : 12511557
KELAS : 4PA10

Arsitektur komputer
Arsitektur komputer merupakan sistem dimana individu yang sudah mahir dalam bidang komputer dapat mendeskripsikan bagaimana fungsi sistem ini mengolah informasi dengan baik lewat pengoperasian komputer dan dapat menghubungkannya dengan komponen-komponen lain dan juga unit ini dapat menerima informasi dari luar.

Stuktur kognisi manusia berkaitan dengan psikologi kognitif, dimana kognitif merupakan proses berfikir yang bisa menyebabkan terjadinya suatu perilaku. Ada beberapa aspek yang mempengaruhi struktur kognitif.  Arsitektur komputer itu adalah sistem dimana individu yang sudah mahir dalam bidang komputer dapat mendeskripsikan bagaimana fungsi sistem ini dapat bekerja dengan baik dan dapat menghubungkannya dengan komponen-komponen lain dan juga unit ini dapat menerima informasi dari luar. Jadi kaitannya disini kognitif itu bagaimana individu mengolah suatu informasi , sedangkan arsitektur komputer itu sistemnya untuk memberikan informasi kepada kognisi manusia melalui pengoperasian sistem komputer agar kognisi manusia mendapatkan mengolah informasi dengan baik, setelah pengolahan informasi itu terjadi individu mengeluarfkan informasi tersebut dengan melaui alat bantu yaitu sistem komputer. beberapa aspek yang mempengaruhi struktur kognitif, antara lain masuknya informasi ke dalam otak -> lalu informasi itu diolah -> yang terakhir setelah diolah informasi itu dikeluarkan.
Solso&Maclin (2007) menyatakan bahwa walaupun komputer memiliki kelebihan namun juga memiliki kekurangan dibandingkan dengan kognisi manusia, yaitu:
Kelebihan :
1.      Pada umumnya komputer dapat melakukan operasi matematika dan logika dengan sangat cepat
2.      Komputer juga bisa menguji model-model kognitif dengan sumber daya ruang dan waktu yang lebih hemat.
3.      Dalam waktu yang sama, komputer dapat melakukan ribuan simulasi dan menghasilkan ribuan data, dan lain-lain.
Kelemahan :
1.        Komputer tidak memiliki emosi seperti manusia
2.        Komputer tidak dapat melakukan generalisai
3.        Komputer tidak mampu memahami pola-pola yang kompleks
4.        Komputer tidak mampu membuat kesimpulan

Contoh kasus:
        Misalkan pada saat kita ingin memahami materi yang akan dipresentasikan di depan kelas esok hari. Ketika sudah mulai memahami tanpa sadar kita pun sudah hafal dengan materi yang kita pelajari tersebut dan sudah masuk kedalam memory kita. Pada saat dipresentasikan kita pun dapat menyampaikan informasi dengan baik karena  materi yang dipahami tersebut sudah masuk kedalam memory kita. Lalu pada saat di tanya oleh dosen pun kita pun dapat menjawabnya dengan mengingat-ingat kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya dari sini arsitektur komputer juga mempunyai peran yang hampir sama tetapi beda pengaplikasiannhya. Untuk kasus ini misalnya kita sudah sangat paham bahkan hafal dengan materi yang dibawakan pada saat presentasi, lalu untuk menyimpan data yang sudah di pelajari tersebut kita perlu menyimpanya dalam memory kita dan bila pada saat dibutuhkan kita akan mencari data tersebut dalam memory kita sehingga data itu keluar.




Daftar Pustaka
Anonim.(2013). Arsitekturkomputer.http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur
     komputer
. Diakses tanggal 6 Oktober 2013.

Fathansyah.1999. Basis Data. Informatika Bandung, Bandung.
Gondodiyoto, Idris. (2003). Audit Sistem Informasi Pendekatan Konsep.

                 PT.Media Global Edukasi. Jakarta.\
Jogiyanto, H.M. 2000. Pengenalan Komputer. Jakarta : GRAHA ILMU.


http://windadwifirlyana.blogspot.com/2013/10/arsitektur-komputer-dan-struktur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar