Selasa, 04 Desember 2012

Fenomena psikologi dan internet dalam lingkup interpersonal & Tes psikologi online didalam masayarakat


Psikologi internet dalam lingkup interpersonal
Hubungan interpersonal ialah dimana ketika kita saling berkomunikasi, kita tidak hanya sekedar bisa menyampaikan isi pesan, tapi juga sekaligus dapat menentukan tingkat  hubungan interpersonalnya. Ketika kita berkomunikasi kita tidak hanya menentukan content melainkan juga menentukan hubungan.
Dari segi psikologi komunikasi, kita dapat menyatakan bahwa makin baik hubungan interpersonal, makin terbuka pula orang untuk mengungkapkan dirinya makin cermat persepsinya tentang orang lain dan persepsi dirinya, sehingga makin efektif komunikasi yang berlangsung diantara komunikan.

Fenomena didalam masyarakat:
Ada sebuah band yang terbentuk pada tahun 2008. Sebelumnya para personil band ini hanya menyalurkan hobi yang  mereka miliki. Band tersebut sebelum tenar hanya mengisi acara di sekolah-sekolah di daerah Jakarta dan sekitarnya. Band ini awal nya sudah merekam beberapa lagu dan disini mereka memanfaatkan media sosial Myspace untuk mempromosikan lagu mereka yang pada saat itu belum tenar nya Facebook dan Twitter. Dengan mempromosikan lagu-lagu di media sosial ini mereka mendapatkan tanggapan positif berupa komentar pujian dari orang-orang yang mendengarkan lagu di akun Mspace mereka ini. Dan disetiap band ini manggung mereka selalu menyebarkan stiker band mereka yang distiker tersebut juga tencantum link dari alamat Myspace band mereka. Dan pada tahun 2012 akhir nya band ini pun sukses besar dengan diundang nya mereka untuk mengisi sebuah acara music bergengsi di Jepang yang bernama “SUMMER SONIC”.
Dari contoh diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Band tersebut memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan karya mereka dan dari situlah terbentuk relationship yang baik antara Band dan para penggemarnya,yang kini bisa lebih mudah mendengarkan lagu band favorit mereka melalui media sosial saja. Hal ini tentunya bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak (Artis & Fans)




Tes psikologi online
Tes psikologi atau psikotes sendiri merujuk pada suatu sistem prosedur otomatis untuk mendapatkan sampel prilaku yang relevan dengan fungsi kognitif atau afektif. Setelah mendapatkan sampel prilaku yang relevan tersebut, kemudian dilakukan evaluasi dan penilaian berdasarkan standar penilaian yang ada.
Karena penilaian tersebut, maka setiap orang memiliki kecendrungan yang berbeda dan mendapatkan hasil yang berbeda pula. Tes Psikologi Online yang sering kita temui, mencoba untuk menyajikan terhadap kemampuan kognitif atau afektif tertentu bagi diri seseorang.

Fenomena didalam masyarakat
Di jaman yang super canggih saat ini masyarakat sudah sangat mudah melakukan apa pun yang mereka ingin kan. Misal kan saja kita ingin melakukan Tes psikologi, akan tetapi kita tidak mau repot untuk pergi ke Psikiater atau pun sebagainya. cara instan dan tidak begitu repot ialah Internet. Dengan berselancar di dunia maya kita akan sangat mudah menemui bermacam tes psikologi online. Bahkan di jejaring sosial seperti Facebook ada aplikasi yang bisa memudahkan kita untuk melakukan tes psikologi, jenis tes yang ditwarkan seperti tes intelektual atau hanya sekedar berupa tes kepribadian atau karakter yang biasanya banyak dimanfaatkan para pengguna aplikasi ini untuk mengetahuai seperti apakah karakter mereka miliki.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar